Thursday, July 16, 2015

Tips Move On

Ketika perpisahan merupakan jalan keluar terbaik atas permasalahan yang terjadi dalam suatu hubungan, maka putus cinta tak dapat dihindari. Perbedaan pendapat, perbedaan pandangan hidup, situasi dan kondisi lingkungan sekitar, atau bahkan karena cinta yang dulu pernah hadir sudah tak lagi ada, maka disaat itulah sepasang kekasih memutuskan untuk berpisah. Terkadang keputusan itu diambil oleh keduanya, atau bahkan diputuskan sepihak saja. Tentunya perasaan sedih menjadi wajar dialami seseorang yang merasa kehilangan. Terjadilah suatu fase dimana seseorang harus membiasakan dirinya dengan situasi yang baru, dimana hal itu bisa menjadi sangat sulit.

Namun kesedihan yang dirasakan baiknya tidak dialami berlarut-larut karena hidup bagaikan labirin yang penuh dengan ruangan berpintu. Disetiap pintunya, terdapat hal baru yang akan ditemui, namun kita harus meninggalkan ruangan sebelumnya. Jika kita tetap berdiam diri dalam sebuah ruangan kosong, maka hanya kehampaan yang akan didapat. Berikut adalah hal-hal yang dapat membantumu agar kamu bisa segera meninggalkan ruang kosong dan melangkah menuju ruangan yang baru:

1. Segera Tuangkan Kesedihanmu
Ketika putus cinta membuat dirimu sangat sedih, maka segera lampiaskan kesedihanmu agar terasa lega. Menangis adalah hal yang wajar, maka menangislah sepuasmu. Jika kamu ingin mendengarkan lagu-lagu sedih, maka dengarkanlah. Jika kamu ingin menuliskan perasaanmu, maka tuliskanlah. Jika kamu butuh seseorang untuk berbicara, maka bicaralah. Biarkan semua perasaan itu lepas di hari itu. Esoknya, kamu akan lebih lega dan lebih siap untuk mengarungi kehidupan yang baru.

2. Jangan Biarkan Dirimu Melamun
Ketika baru putus cinta, maka flashback akan sering terjadi dengan sendirinya, terutama saat kita melewati tempat yang biasa dilewati bersama mantan, atau apapun yang dapat membangkitkan memori tentangnya. Karena itu, usahakan untuk mencari kesibukan atau mencari teman. Lakukan hal-hal yang kamu suka. Misalnya, membaca novel, menonton film, pergi jalan-jalan, menulis, atau mengerjakan hal-hal lainnya. Hindari mendengarkan lagu-lagu sedih yang dapat membangkitkan ingatanmu tentangnya. Menghabiskan waktu bersama teman-teman juga merupakan cara yang sangat ampuh karena kita akan terlupa dengan kesedihan yang kita alami.

3. Jangan Stalking!
Mencari tahu kehidupan mantanmu sekarang hanya akan membuatmu semakin sedih dan sulit untuk melupakannya. Jangan sengaja untuk membuka akun media sosialnya, apalagi menelusurinya. Kalau perlu, di hide/unfollow saja agar kamu tidak lagi melihatnya di timeline. Karena dengan melihatnya di timeline akan membuatmu penasaran untuk membuka profile nya. Kalau perlu lagi, hide/unfollow juga teman-temannya karena terkadang teman-temannya bisa saja mengunggah foto bersama mantanmu, dan hal itu dapat membuatmu sulit move on. Hal ini bukan berarti kamu memutuskan pertemanan dengannya, ketika perasaanmu sudah membaik dan sudah berhasil move on, maka kamu dapat berteman dengannya lagi di media sosial.

4. Buka Hati
Mantanmu pasti punya sifat yang tidak kamu sukai kan? Pikirkan bahwa saat ini kamu telah terhindar dari sifat-sifat itu sehingga kamu bisa lebih menerima kandasnya hubunganmu. Tapi jangan sampai, kejadian putus cintamu membuatmu trauma untuk jatuh cinta lagi. Mungkin kamu telah dipertemukan oleh orang yang salah, namun bukan berarti kamu tidak akan bertemu dengan orang yang tepat. Jangan pernah menggeneralisasi "semua cowok begitu" hanya karena mantanmu seperti itu. Jadikan putus cintamu sebagai pelajaran dan pengalaman, namun jangan lupa beri kesempatan untuk orang-orang yang ingin membahagiakanmu :)

No comments:

Post a Comment